Resep dan Cara Pembuatan Rica Rica Ayam

Assalamualaikum Wr.Wb

Resep dan Cara Pembuatan Rica Rica Ayam - Kali ini kami akan berbagi info resep makanan tradisional Indonesia yang berasal dari kota Manado ini yang bercita rasa pedas, yup makanan ini sangat cocok untuk anda yang menyukai makanan pedas. Keunikan Rica-Rica Ayam yang memiliki cita rasa khas yang ditimbulkan dari rempah-rempahnya sehingga menciptakan rasa yang pedas dan lezat dapat membangkitkan nafsu makan. Cara membuat Rica-Rica Ayam tergolong cukup mudah dan bahan-bahan masakan yang mudah diperoleh bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket.



Resep dan Cara Pembuatan Rica Rica Ayam


Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  1. 1 ekor ayam  sedang atau sesuai selera
  2. Minyak (secukupnya)
  3. Air putih (secukupnya)
  4. 2 batang sereh (digeprek)
  5. 6-7 daun jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan menambah aroma masakan
  6. Gula, garam, dan rempah-rempah lainnya (secukupnya)
Bumbu Halus Rica-Rica Ayam:
  1. 15 cabai rawit merah (sesuai selera)
  2. 4 siung bawang putih (sesuai selera)
  3. 4 siung bawang merah (sesuai selera)
  4. 5 cabai merah besar (sesuai selera)

Cara Memasak Rica-Rica Ayam:
  1. Cuci ayam hingga bersih kemudian potong menjadi beberapa bagian
  2. Tuang minyak cukup banyak kedalam wajan kemudian panaskan minyak, kemudian goreng ayam sampai kekuningan setelah itu angkat dan tiriskan sampai tidak berminyak
  3. Tuang minyak secukupnya ke dalam wajan untuk menumis, kemudian panaskan minyak tunggu sampai minyak agak panas, setelah itu tumis semua bumbu halus gula, garam, dan rempah-rempah secukupnya (diaduk) selanjutnya masukan ayam yang sudah di goreng tadi ke dalam wajan dan aduk sampai bumbu meresap menutupi ayam.
  4. Langkah terakhir, tambahkan air putih secukupnya, sereh, daun jeruk, dan jahe di aduk hingga merata, tunggu sampai ayam matang dan bumbu meresap. kemudian angkat dan sajikan di atas piring serta di hias dengan beberapa potongan cabai merah dan dua lembar daun jeruk untuk menambah aroma dan penggugah selera makan. Wala Rica-Rica Ayam siap di hidangkan untuk keluarga anda.
Selamat memasak untuk menyajikan hidangan untuk keluarga anda dirumah, dan selamat menikmati sensasi rasa bumbu pedas manis dari Rica-Rica Ayam makanan tradisional Indonesia dari daerah Manado.

First


EmoticonEmoticon